Jumat, 18 Juni 2010

tugas kosmografi



SOAL


1. Jeleskan proses terbentuknya galaksi?
2. Sebutkan nama-nama ahli yang menekuni bidang astronomi dan kosmografi beserta teorinya?
3. jelaskan pengertian :
a. Komet
b. Asteroid
c. Meteorid
d. Planet
4. Sebutkan dan jelaskan tata koordinat dalam kosmografi?
5. Jelaskan alat-alat astronomi, planetorium dan bosscha?
6. Sebutkan penemuan-penemuan mutakhir di bidang kosmografi?

Jawaban

1. Teori Terbentuknya Galaksi

Dua belas milyard tahun yang lalu masih berupa gas hydrogen yang sangat besar dan berada di ruang angkasa dan bergerak perlahan-lahan mengadakan rotasi sehingga keseluruhan berbentuk bulat. Karena gaya beratnya, ia mengalami proses kontraksi. Pada masa kontraksi, bagian luar dari kabut banyak yang tertinggal.

Pada bagian yang berputar lambat, memiliki berat jenis yang besar. Lalu terbentuknya embun-embun lokal dengan bintang-bintang di dalamnya. Gumpalan kabut yang membentuk bintang tersebut secara perlahan-lahan mangadakan kontraksi. Potensi energi yang dikeluarkan dalam bentuk sinar rdaiasi panas dan turun temperaturnya.

Setelah berpuluh juta tahun maka mempunyai bentuk yang relative tetap seperti matahari kita. Hipotesis ini dibuktikan oleh observasi ke pusat galaksi, bahwa tempat tersebut selalu melahirkan bintang-bintang baru baik secara perlahan-lahan maupun secara eksplosif.

Penyusunan hipotesis evolusi galaksi ini, mulai dengan kabut yang berbentuk bola dari gas-gas yang belum melahirkan bintang-bintang sampai memepat di kedua kutubnya yang berbentuk lensa. Oleh karena makin cepatnya berputar kemudian menjadi bentuk spiral biasa dari jenis Sa sampai Sc atau berkembang menjadi galaksi spiral batang dari jenis Sba sampai dengan Sbc.

2. Nama-Nama Ahli yang Menekuni di Bidang Kosmografi atau Astronomi

a) Claudius Ptolemeus

Planet-plenet beredar sepanjang lingkaran kecil yang disebut gerak epi-cycle yang pusatnya mengitari matahari. Lingkaran besar dengan bumi sebagai pusatnya. Dengan demikian dapatlah diterangkan mengapa jalan planet berbelok-belok. Paham ini disebul Geosentris

b) Nicolus Copernicus

Paham ini menempatkan matahari di pusat sistem yang berturut-turut dikelilingi oleh Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, dan Saturnus. Bulan mengelilingi bumi dalam waktu 27.5 hari. Paham ini disebut paham Heliosentris yang diperkuat dengan ditemukannya parallax bintang dan aberasi.

c) Teori Pasang Surut oleh James Jeans dan Jeffrys

Teori ini mangemukakan bahwa dahulu kala ada bintang besar yang mendekat matahari. Karena gaya tarik bintang itu, maka terjadilah efek pasang surut pada permukaan matahari. Sebagian dari massa matahari tertarik membentuk tonjolan ke arah bintang. Kemudian dengan menjauhnya bintang tersebut, tonjolan itu tertarik dan membentuk cerutu dan akhirnya lepas dari matahari. Lalu massa tersebut pecah dan saling meggumpal dengan ukuran yang berbeda-beda, berputar dan mendingin menjadi planet-plenet beserta satelitnya.

d) Teori Bintang Kembar

Bahwa dahulu, matahari merupakan bintang kembar. Kemudian salah satu tersebut meledak. Pecahan-pecahannya berputar mengelilingi bintang yang tidak meledak. Bintang yang tidak meledak menjadi matahari sedang pecahannya mendingin menjadi planet serta satelit.

e) Teori Kabut Kant-Leplace

Tata surya dahulu berasal dari kabut spiral yang berputar cepat. Karena putarannya, sebagian dari massa kabut terlepas membentuk berapa gelang yang berpusat pada inti kabut. Lama-kelamaan membentuk gumpalan. Lalu gumpalan tersebut, mendingin dan mengeras menjadi planet baru beserta satelitnya. Sedangkan Kant mengemukakan terjadinya kabut pilin. Ia mengemukakan bahwa di angkasa raya berisi berbagai macam gas. Gumpalan gas-gas yang besar menarik yang lebih kecil sehingga kabut tersebut menjadi lebih besar. Akibatnya terjadilah tabrakan antar gumpalan gas yang menyebabkan kabut panas dan berputar sebagai kabut pilin.

f) Teori Proto Planet oleh C.F Von Wiszacker dan Gerald P. Kuiper

Teori ini mengemukakan bahwa sekitar matahari terdapat gas hidrogen dan helium. Gas tersebut ada yang menghilang tetapi ada juga yang mendingin membentuk gumpalan-gumpalan dan secara perlahan-lahan membentuk gumpalan padat. Gumpalan itulah yang disebut proto planet.

g) Al Battani Ahli Astronomi Mendunia

Buah pikirnya dalam bidang astronomi yang mendapatkan pengakuan dunia adalah lamanya bumi mengelilingi bumi. Berdasarkan perhitungannya, ia menyatakan bahwa bumi mengelilingi pusat tata surya tersebut dalam waktu 365 hari, 5 jam, 46 menit, dan 24 detik. Perhitungannya mendekati dengan perhitungan terakhir yang dianggap lebih akurat. Itulah hasil jerih payahnya selama 42 tahun melakukan penelitian yang diawali pada musa mudanya di Raqqa, Suriah. Ia menemukan bahwa garis bujur terjauh matahari mengalami peningkatan sebesar 16,47 derajat sejak perhitungan yang dilakukan oleh Ptolemy. Ini membuahkan penemuan yang penting mengenai gerak lengkung matahari. Al Battani juga menentukan secara akurat kemiringin ekliptik, panjangnya musim, dan orbit matahari. Ia pun bahkan berhasil menemukan orbit bulan dan planet dan menetapkan teori baru untuk menentukan sebuah kondisi kemungkinan terlihatnya bulan baru. Ini terkait dengan pergantian dari sebuah bulan ke bulan lainnya.

h) Ibnu Yunus Ahli Astronom Legendaris dari Mesir

Ibnu Yunus sangat terkenal dengan adikaryanya bertajuk al-Zij al-Hakimi al-Kabir. Kitab yang ditulisnya itu mengupas tabel astronomi – sebuah hasil penelitian yang sangat akurat. NM Swerdlow dalam karyanya berjudul Montucla’s Legacy: The History of the Exact Sciences mengungkapkan, al-Zij al-Hakimi al-Kabir merupakan salah satu karya astronomi yang sangat mashur. Tabel yang disusunnya itu digunakan untuk beragam keperluan astronomi. Salah satunya untuk kepentingan penanggalan yang digunakan masyarakat Muslim di beberapa wilayah, seperti Suriah. Selain itu, tabel itu juga mengupas tentang teori jam matahari serta mampu menentukan garis bujur dan lintang matahari, bulan dan planet. Tabel Ibnu Yunus pun digunakan untuk menentukan arah kiblat.

i) Al Biruni ( 973-1050 M )

Ahli astronomi yang satu ini, turut memberi sumbangan dalam bidang astrologi pada zaman Renaissance. Ia telah menyatakan bahwa bumi berputar pada porosnya. Pada zaman itu, Al-Biruni juga telah memperkirakan ukuran bumi dan membetulkan arah kota Makkah secara saintifik dari berbagai arah di dunia. Dari 150 hasil buah pikirnya, 35 diantaranya didedikasikan untuk bidang astronomi.

j) Al sufi ( 903-983 M)

Orang Barat menyebutnya Azophi. Nama lengkapnya adalah Abdur Rahman as-Sufi. Al-Sufi merupakan sarjana Islam yang mengembangkan astronomi terapan. Ia berkontribusi besar dalam menetapkan arah laluan bagi matahari, bulan, dan planet dan juga pergerakan matahari. Dalam Kitab Al-Kawakib as-Sabitah Al-Musawwar, Azhopi menetapkan ciri-ciri bintang, memperbincangkan kedudukan bintang, jarak, dan warnanya. Ia juga ada menulis mengenai astrolabe (perkakas kuno yang biasa digunakan untuk mengukur kedudukan benda langit pada bola langit) dan seribu satu cara penggunaannya.

3. a. PENGERTIAN KOMET
Di jaman dulu, komet selalu dianggep sebagai pertanda dari tuhan..
sebagai tanda bencana, atau tanda keberuntungan yang akan datang..

sekarang kita melihat Komet sebagai benda tata surya kecil yang mengelilingi matahari. pada saat mendekati matahari, komet menghasilkan atmosfir yang dapat dilihat, danterkadang sebuah ekor. ekor ini terbentuk saat komet mendekati matahari di daerah sekitar jupiter. es-es yang ada di komet mulai menguap dan membawa banyak debu, akhirnya membentuk ekor.

Inti komet terdiri dari batu, debu, air beku, dan gas2 beku kayak Co, Co2, Metana, Amonia. Besar Inti komet bervariasi dari selebar 100 meter, sampai 30 kilometer.. dan biasanya bergerak dengan 150.000 km/jam. Inti komet sebesar kacang bisa menghasilkan ekor sebesar lapangan sepakbola..

b. pengertian asteroid

Asteroid, pernah disebut sebagai planet minor atau planetoid, adalah benda berukuran lebih kecil daripada planet, tetapi lebih besar daripada meteoroid, umumnya terdapat di bagian dalam Tata Surya (lebih dalam dari orbit planet Neptunus). Asteroid berbeda dengan komet dari penampakan visualnya. Komet menampakkan koma ("ekor") sementara asteroid tidak.

Asteroid dalam sistem tatasurya

Asteroid pertama yang ditemukan adalah 1 Ceres, yang ditemukan pada tahun 1801 oleh Giuseppe Piazzi. Kala itu, asteroid disebut sebagai planetoid.

Sudah sebanyak ratusan ribu asteroid di dalam tatasurya kita diketemukan, dan kini penemuan baru itu rata-rata sebanyak 5000 buah per bulannya. Pada 27 Agustus, 2006, dari total 339.376 planet kecil yang terdaftar, 136.563 di antaranya memiliki orbit yang cukup dikenal sehingga bisa diberi nomor resmi yang permanen. Di antara planet-planet tersebut, 13.350[1] memiliki nama resmi (trivia: kira-kira 650 di antara nama ini memerlukan tanda pengenal). Nomor terbawah tetapi berupa planet kecil tak bernama yaitu (3360) 1981 VA; planet kecil yang dinamai dengan nomor teratas (kecuali planet katai 136199 Eris serta 134340 Pluto) yaitu 129342 Ependes [2].

Kini diperkirakan bahwa asteroid yang berdiameter lebih dari 1 km dalam sistem tatasurya tatasurya berjumlah total antara 1.1 hingga 1.9 juta[3]. Astéroid terluas dapam sistem tatasurya sebelah dalam yaitu 1 Ceres, dengan diameter 900-1000 km. Dua asteroid sabuk sistem tatasurya sebelah dalam yaitu 2 Pallas dan 4 Vesta; keduanya memiliki diameter ~500 km. Vesta merupakan asteroid sabuk paling utama yang kadang-kadnag terlihat oleh mata telanjang (pada beberapa kejadian yang cukup jarang, asteroid yang dekat dengan bumi dapat terlihat tanpa bantuan teknis; lihat 99942 Apophis).

Massa seluruh asteroid Sabuk Utama diperkirakan sekitar 3.0-3.6×1021 kg[4][5], atau kurang lebih 4% dari massa bulan. Dari kesemuanya ini, 1 Ceres bermassa 0.95×1021 kg, 32% dari totalnya. Kemudian asteroid terpadat, 4 Vesta (9%), 2 Pallas (7%), dan 10 Hygiea (3%), menjadikan perkiraan ini menjadi 51%; tiga seterusnya, 511 Davida (1.2%), 704 Interamnia (1.0%), dan 3 Juno (0.9%), hanya menambah 3% dari massa totalna. Jumlah asteroid berikutnya bertambah secara eksponensial walaupun massa masing-masing turun. Dikatakan bahwa asteroid ida juga memiliki sebuah satelit yang bernama Dactyl.

c. pengertian meteorit

Meteorit adalah benda-benda di luar angkasa dengan kecepatan yang cepat. Jumlah meteorit di angkasa raya tidak terhitung karena sangat banyak dengan berbagai bentuk, jenis, bahan kandungan, warna, sifat dan sebagainya.

d. pengertian planet

Planet adalah benda langit yang mengelilingi bintang sebagai pusat tata surya. Planet tidak dapat menghasilkan cahaya sendiri namun dapat memantulkan cahaya. Planet yang dekat dengan bumi dapat kita lihat setiap hari dengan mata telanjang seperti planet venus yang disebut orang sebagai bintang fajar.

4. tata koordinat dalam kosmografi
Tata koordinat ada tiga macam, yaitu;

1. Tata koordinat horizon disebut koordinat horizon karena menggunakan horizon sebagai dasar untuk menentukan kedudukan benda angkasa.

2. Tata koordinat equatorial disebut koordinat aquatorial karena sebagian busur equator dihitung dari lingkaran pertama berlawanan dengan arah gerakan edaran horian matahari sampai dengan proyeksi benda angkasa tersebut di equator.

3. Tata koordinat ekliptika disebut koordinat ekliptika karena lintasan edar tahunan bumi mengelilingi matahari selama satu tahun

5. Pengertian Alat-alat Astronomi Kosmografi

a) Planeterium

Adalah suatu gedung teater untuk memperagakan simulasi susunan bintang dan benda-benda langit. Atap gedung biasanya berbentuk kubah setengah lingkaran. Di planetarium, penonton bisa belajar mengenai pergerakan benda-benda langit di malam hari dari berbagai tempat di bumi dan sejarah alam semesta. Planetarium berbeda dari observatorium. Kubah planetarium tidak bisa dibuka untuk meneropong bintang.

b) Observatorium Boscha

Dengan adanya layanan seperti ini, data pengamatan bisa langsung dilihat. OB akan bekerjasama dengan LIPI untuk mengolah dan menyimpan data digital uang dihasilkan.

6. Penemuan-Penemuan Mutakhir di Bidang Kosmografi

a) Aurora di Mars Berhasil Dipetakan

Aurora adalah fenomena munculnya cahaya berwarna-warni di atas langit kutub. Aurora yang terjadi di Mars sepanjang tahun telah berhasil direkam oleh wahana Mars Express milik badan Antariksa Eropa. Selain itu, tim peneliti dari Prancis berhasil mengamati 9 aurora di atmosfer Mars dan menyusunya dalam suatu peta. Cahaya-cahaya tersebut tampak dengan warna antara hijau sampai ungu, cahaya tersebut berasal dari ultraviolet yang terbentuk saat partikel bermuatan listrik dari matahari bereaksi karena pengaruh medan magnet planet tersebut.

b) Masih Ada Planet “X” Setelah Pluto

Sebuah planet padat yang dilapisi es diprediksikan ada di orbit yang lebih jauh dari Pluto. Objek yang terletak di kawasan Sabuk Kuiper ini secara teknis tidak disebut planet. Sesuai deferensi baru yang ditetapkan IAU, ia disebut Plutoid atau objek bulat padat setelah Neptunus. Salah satu karakter dari objek ini adalah selisih jarak orbitnya yang sangat jauh.

c) Galaksi Terjauh dan Tertua Terekam Teleskop

Galaksi ini diberi nama A1689-2 D1, terbentuk saat alam semesta baru berusia sekitar 700 juta tahun. Ia termasuk diantara galaksi-galaksi yang pertama kali terbentuk . Ukurannya lebih kecil, tipis,memiliki 2 pusat dan formasi bintang-bintangnya yang ekstrim. Galaksi ini tepatnya diperkirakan berada pada jarak 12.8 myliard tahun cahaya. Untuk melihatnya para astronom dilengkapi dengan Lensa Galaksi.

d) Misteri Ledakan Bintang Abad-16

Sejauh ini para ilmuwan percaya bahwa ledakan tersebut berasal dari ledakan bintang atau supernova. Cahaya terang tersebut berasal dari ledakan bintang kembar jenis kerdil putih. Cahaya tersebut diduga sebagai bintang baru yang sangat terang di sekitar rasi bintang Cassiopeia. Namun, cahaya seterang planet venus tersebut hanya bertahan selama 2 minggu dan hilang sepenuhnya setelah 16 bulan kemudian.

e) Terdapatnya Sistem Penanggalan Menurut Tahun Kabisat, Siderik, dan Sinodik.

Tahun Kabisat adalah tahun dimana jumlah harinya tidak terdiri dari 365 hari tetapi 366 hari. Memiliki ciri-ciri angkanya habis dibagi 400, 5, 100, dan 4. Secara detail terdiri dari 365 hari 5 jam 48 menit dan 45,1814 detik. Sedangkan tahun siderik adalah tahun dimana bumi dalam mengelilingi matahari dalam waktu 365 hari 6 jam 9 menit dan 10 detik. Tahun sinodik adalah tahun yang dalam setahun memiliki 12 bulan atau dalam setahun memiliki 354,36708 hari. Jumlah harinya bervariasi dalam setiap bulan tergantung pada posisi bulan, bumi, dan matahari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar